Kamis, 10 Januari 2013

Yesus Adalah Penggenapan Alkitab

-->


Injil Lukas 4:14-22a

Dalam kuasa Roh kembalilah Yesus ke Galilea. Dan tersiarlah kabar tentang Dia di seluruh daerah itu.
Sementara itu Ia mengajar di rumah-rumah ibadat di situ dan semua orang memuji Dia.
Ia datang ke Nazaret tempat Ia dibesarkan, dan menurut kebiasaan-Nya pada hari Sabat Ia masuk ke rumah ibadat, lalu berdiri hendak membaca dari Alkitab.
Kepada-Nya diberikan kitab nabi Yesaya dan setelah dibuka-Nya, Ia menemukan nas, di mana ada tertulis:
Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan penglihatan bagi orang-orang buta, untuk membebaskan orang-orang yang tertindas, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang."
Kemudian Ia menutup kitab itu, memberikannya kembali kepada pejabat, lalu duduk; dan mata semua orang dalam rumah ibadat itu tertuju kepada-Nya.
Lalu Ia memulai mengajar mereka, kata-Nya: "Pada hari ini genaplah nas ini sewaktu kamu mendengarnya."
Dan semua orang itu membenarkan Dia dan mereka heran akan kata-kata yang indah yang diucapkan-Nya.
-->

Yesus Penyelamat.


Renungan:

Begitulah sifat manusia yang berkehendak bebas. Orang yang mempunyai status sosial  dengan ditunjang oleh jabatan dan kekayaan, kata-katanya lebih dihargai biarpun salah. Sedangkan kebenaran yang bila diucapkan oleh rakyat kebanyakan tidak diindahkan atau dianggap angin lalu.

Yesus di dalam Rumah Ibadat di Nazareth, tidak sekedar membacakan kitab nabi Yesaya, tetapi lebih penting dari itu, ialah Yesus memprolamirkan bahwa Dialah pribadi yang dinubuatkan oleh nabi Yesaya tersebut. Dan itu dibenarkan oleh banyak orang yang sudah mendengar serta menyaksikan mukjizat-mukjizat yang dibuat Yesus, baik itu dilakukan di Kapernaum maupun di banyak kota lain di Galilea.

Yesus tidak memerlukan pembuktian karena nubuat itu ditulis berdasarkan Wahyu Allah pada zaman yang berbeda. Yang diperlukan adalah menerima dan mengakui bahwa Yesus dengan segala mukjizat adalah seperti yang telah dinubuatkan itu. Dimana semua itu tidak akan terjadi oleh sembarangan orang.

Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku! Yesus dipenuhi Roh Tuhan yang telah mengurapiNya. Pada waktu Yesus dibaptis di sungai Yordan, langit terbuka dan Roh Tuhan turun dalam rupa seekor burung merpati serta terdengar suara: “Inilah PuteraKu, dengarkanlah Dia.”  

Maka ketika manusia masih ragu-ragu  mendengarkan Yesus, segala penyakit, roti, ikan dan roh-roh jahat sudah terlebih dahulu mendengarkan Dia. Lima roti dan dua ekor ikan diperbanyak untuk menenyangkan 5 ribu orang lebih. Penyakit-penyakit disembuhkan bahkan orang yang kerasukan roh jahat pun terbebas.

Pewartaan Yesus sungguh membebaskan! Khabar baik disampaikan kepada orang-orang miskin,  khabar pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan warta  membebaskan bagi orang-orang yang tertindas. Yesus datang menghadirkan rahmat Tuhan bagi manusia.

Doa: Tuhan Yesus, Engkau telah naik ke surga, tetapi Roh Kudus yang Engkau janjikan selalu menyertai kami. Semoga kami setia mendengarkan dan mempraktekkan SabdaMu, sehingga Roh Kudus tidak meninggalkan kami. Amin.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar