Jumat, 05 Oktober 2012

Bersukacitalah! Namamu Terdaftar di Surga

Injil Lukas, 10 : 17 - 20

Kemudian  ketujuh puluh itu kembali dengan gembira dan berkata:
"Tuhan, juga setan-setan takluk kepada kami demi namaMu".
Lalu kata Yesus kepada mereka:
"Aku melihat iblis jatuh seperti kilat dari langit. Sesungguhnya Aku telah memberikan kuasa kepada kamu untuk menginjak ular dan kalajengking dan kuasa untuk menahan kekuatan musuh, sehingga tidak ada yang akan membahayakan kamu."

"Namun demikian janganlah bersukacita karena roh-roh itu takluk kepadamu, tetapi bersukacitalah karena namamu terdaftar di surga."

Renungan:

Tugas pesurusan dari Yesus yang dilaksanakan dengan sepenuh hati membawa hasil yang menggembirakan.
Kuasa yang diberikan oleh Yesus kepada ketujuh puluh murid sama besar dan sama banyak, yaitu mewartakan tentang pertobatan dengan menyiapkan sikap hati dan tingkah laku untuk menerima kerajaan Allah di dalam hidup sehari-hari.

Mendengar dan menghadapi kuasa dari Yesus, setan-setan juga takluk, gemetar tidak berdaya. Kuasa dari Yesus tidak terbatas pada hal-hal lahiriah yang kelihatan dan dapat dirabah, tetapi juga menembus sampai ke hal-hal yang tidak kasat mata. Iblis yang selalu "main belakang" dengan janji-janji dan hal-hal indah yang tampaknya bagus tetapi semu karena hanya kamuflase, diruntuhkanNya.

Tujuan utama perutusan Yesus bukan supaya umat atau para pengikutNya semakin pintar, tetapi terutama supaya hati mereka terbuka menerima Allah dan KerajaanNya. Dan dalam Kerajaan Allah, kuasa iblis yang adalah kuasa kegelapan tidak berkuasa, lemas, hancur dan jatuh dari langit.

Maka sebagai murid-murid Kristus kita tidak membanggakan diri dan bersukacita atas "sedikit" perbuatan baik kita, melainkan kita pantas gembira dan bersyukur karena nama kita terdaftar di surga.  Daftar yang semoga ditorehkan dengan tinta emas karena nilai ketulusan, kejujuran, kesetiaan, ketabahan, kesederhanaan, kegembiaraan dan ketaatan kepada kehendak Allah.
***



Tidak ada komentar:

Posting Komentar